PENGAJIAN DWP KEMENTRIAN BUMN DAN IIPBUMN

Pengajian DWP Kementrian BUMN dan IIP BUMN

Hari/tanggal: Selasa, 5 Januari 2021              Tema: Mewujudkan Indahnya Uhkuwah Pemateri : Ust. Ali Nurdin                          Media : Aplikasi Zoom

Hubungan sosial dengan masyarakat dalam kehidupan bernegara adalah dengan menghadirkan kebaikan untuk mewujudkan persaudaraan.

Kita semua adalah makhluk ciptaan Allah. Dasarnya adalah firman Allah: "kami tidak mengutus Engkau wahai Nabi Muhammad melainkan menjadi rahmat bagi seluruh makhluk Tuhan" Artinya dalam menjalankan agama kita harus sesuai dengan fitrah Allah SWT, dengan menjaga, memelihara dan tidak merusak atau mendatangkan kerusakan dimuka bumi.

Apabila dalam kehidupan bernegara kita belum bisa mewujudkan keindahan, kita dapat menjaga persaudaraan dalam komunitas bangsa demi cita-cita bersama untuk kehidupan yang lebih baik, sesuai dengan UUD ‘45 dan Pancasila yaitu mewujudkan perdamaian dunia, kemajuan peradaban yang baik, dan keadilan sosial. Meraih kemajuan tidak akan terwujud apabila saling berselisih atau berperang satu sama lain. Dalam beruhkuwah, persaudaraan bersifat Islami dengan segala makhluk dibumi terutama sesama manusia. Kita bersaudara karena sesama makhluk Tuhan dan sesama bani Adam atau anak Adam. Allah SWT menciptakan manusia berbangsa- bangsa dan bersuku-suku adalah tanda-tanda kekuasaanNya namun Allah memuliakan manusia sesuai dengan ketaqwaan seseorang bukan karena suku atau perbedaannya.

Allah SWT mengutus rasul-rasulnya sebagai petunjuk agama yg benar bagi manusia, pada kenyataan yang tidak bisa dipungkiri adalah keyakinan manusia yang berbeda-beda. Toleransi dalam bernegara adalah tidak mengganggu agama orang lain sesuai dengan ajaran Allah, kita harus bisa bekerjasama dalam mewujudkan kemajuan bangsa dan berlaku adil dalam pergaulan sosial berbangsa. Allah Ta'ala menyayangi orang2 yg berlaku adil dan berbuat baik. Apabila ada perbedaan pendapat kita harus saling menghormati perbedaan pendapat dan saling menghargai. Kebenaran menurut Allah adalah hak prerogatif Allah SWT.

Allah menyatakan petunjuknya yaitu dalam satu bangsa, persaudaraan sesama anak bangsa yaitu NKRI dengan dasar Pancasila, UUD'45 dan Bhinekatunggal Ika. Sesuai dengan perjuangan para pejuang dan pendiri bangsa yang telah sepakat dengan rakyat bangsa yang berbeda-beda dan cinta tanah air. Kita harus mewujudkan keindahan sesama manusia dan sesama muslim untuk menjaga persatuan yang kuat dengan cara toleransi dengan segala perbedaan yang ada.

Bagikan