Pengajian Bulanan DWP KBUMN dan IIP BUMN


Puji syukur kehadirat Allah SWT hari ini telah dilaksanakan pengajian rutin DWP Kementrian BUMN - IIP BUMN 


Pengajian rutin hari ini dihadiri 300 peserta dari Ibu-Ibu DWP Kementerian BUMN dan IIP BUMN, dan turut hadir dalam acara ini Penasehat DWP Kementerian BUMN sekaligus Wakil Ketua IIP BUMN Ibu Sinta Pahala dan ibu Irin Kartiko


Penceramah Ustazah Dra. Nani Handayani, dengan tema Komunikasi anak dan orang tua dalam Al Qur'an 


Tema kita hari ini adalah pentingnya komunikasi terutama orang tua dan anak-anak. Karena dengan berbicara dan pembicaraan yang baik-baik suatu keluarga akan mencapai tujuan. Dengan berdialog kita akan lebih mudah mencapai tujuan dan saling memahami. 


Orang tua harus pintar berkata kata dengan anak agar visi misi tercapai. Visi misi didalam Al Qur'an (surat 66 ayat 6) "Hai orang orang beriman jaga diri agar jauh dari api neraka". Menjaga keluarga dari perbuatan tidak baik menurut Nabi, "didiklah anakmu sesuai zamannya" 


Jadikanlah anak usia 7 tahun pertama sebagai raja, dilayani jangan dimarahi. 7 tahun kedua jadikan anak mandiri mengetahui hak dan kewajibannya, melatih tanggung jawabnya dan bisa melakukannya sendiri. 


7 tahun ketiga jadikanlah anak sahabat atau teman. Menjadi ibu dan ayah saja tidak cukup, orang tua harus bisa menjadi teman asik komunikasi dan diskusi. 


Komunikasi dalam Al Qur'an adalah ayah dengan anak. Dialog dengan ayah lebih banyak dari pada ibu, ayah lebih memotivasi, memberikan percaya diri, pintar, berani, pandai bergaul, lebih aktif dan kreatif, lebih spontan, dan toleran. 


Ayah adalah seorang visioner dan teladan bagi anak anak. Dialog ayah dan anak yang nyaman dan asik harus dibagun agar anak berhasil dan sukses. 

Ibu menjalankan visi dan misi ayah, mengingatkan dan merivew program ayah. 


Dialog yang dicontohkan oleh nabi harus mengajarkan idiologi ayah tentang visi misi yaitu harapan surga dunia (sakinah mawardah warohmah) dan surga akhirat 


Semoga para ayah diberikan kekuatan, kesehatan dan waktu yang cukup untuk memotivasi anak-anak, diberikan kesempatan untuk terus memberikan bimbingan sesibuk apapun tugas ayah 

Amin amin 

Bagikan