Serah Terima Pot Hasil Pengolahan Limbah Masker

Serah Terima Pot Hasil Pengolahan Limbah Masker 

dari Yayasan Upakara Bhuvana Nusantara 

kepada GIB IIP BUMN  

 

Pada hari Selasa, tanggal 28 Juni 2022, bertempat di Lantai 21 Ruang Rapat Kementerian BUMN, Ketua Yayasan Upakara Bhuvana Nusantara, Bapak Sugeng Waluyo, menyerahkan secara simbolis hasil karya pot yang berasal dari pengolahan limbah masker sekali pakai kepada Penasihat GIB IIP BUMN - KBUMN Ibu Liza Erick Thohir. Yayasan Upakara berhasil mensolusikan permasalahan sampah masker yang merupakan salah satu dampak dari pandemi Covid-19. Sampah masker dengan melalui proses pemilahan (membuang tali dan kawat), pencacahan, sampai dengan pemrosesan menjadi  biji plastik diolah dan dicetak menjadi pot-pot yang membawa manfaat produktif terhadap lingkungan.

 

Acara serah terima ini merupakan tindak lanjut kegiatan Webinar yang dilaksanakan pada 30 November tahun lalu dengan tema selaras. Webinar tersebut mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari para peserta yang hadir secara online dengan berbondong-bondong mengirimkan sampah masker secara mandiri kepada Yayasan Upakara Bhuvana Nusantara. Bapak Sugeng mengatakan bahwa perolehan sampah masker per minggu mencapai 0,2 Ton. Pengumpulan tersebut terus dikawal oleh salah satu volunteer Ibu Nuri Harmastuti bersama dengan Bp. Sugeng menggerakkan program pengolahan limbah masker menjadi barang yang dapat bermanfaat bagi lingkungan yaitu pot tanaman. Selain pot, tali masker terpilah juga dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan rajutan.

 

Harapannya, program ini dapat memberikan gambaran bagi kita semua untuk dapat melestarikan lingkungan dengan penanganan sampah yang tepat, dimulai dari diri sendiri, dari rumah, dan sekarang juga.

 

Bagikan