Pengajian Rutin DWP Kementrian BUMN – IIP BUMN

Alhamdulillahi Robbil Alaamin, pada hari Selasa, 7 Juni 2022 telah dilaksanakan pengajian rutin DWP Kementrian BUMN-IIP BUMN. Penceramah pada pengajian kali ini adalah Kang Tony Raharjo, seorang konselor keluarga Islam dan penulis. Tema yang disampaikan Sakinah Bukan Berarti Tanpa Masalah. Pengajian dihadiri 285 orang secara zoom.

 

Pengajian dibuka oleh MC Ibu Tata Rudi Rusli, dilanjutkan pembacaan Al Qur’an oleh Ibu Husna Abdul Hadi dan saritilawah Ibu Rizky Rosiqin. Surat yang dibaca adalah :

Surat Ar Rum ayat 21 : “ Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda- tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir " 

Surat An Nur ayat 26 : “Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki- laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga) “ 

 

Kang Tony Raharjo dalam ceramahnya menjelaskan salah satu tujuan pernikahan adalah untuk menciptakan sakinah ditegaskan dalam Al Qur’an surat Ar Rum ayat 21.

Tujuan pernikahan adalah agar kita menjadi tenang dan tentram. Rumah menjadi tempat berteduh, di mana kita mendapatkan kenyamanan & ketenangan, yang mana itu adalah sakinah. Rumah menjadi tempat hadirnya ketenangan dan kebahagiaan dalam sebuah pernikahan. Setiap kata As-Sakinah di dalam Al-Quran berarti ketenangan. Sakinah adalah proses ketenangan yang diawali dari sebuah guncangan. 

Di dalam Al-Quran, ada beberapa kata yang biasa digunakan untuk menggambarkan ketenangan, Tu’maninah yang mana tenang setelah kita beribadah, kemudian ada kata itminan serta kata-kata lainnya. Sedangkan arti kata sakinah adalah ketenangan itu hadir setelah mengalami proses guncangan. Menurut Raghib al-Isfahani, seorang ahli fikih, ahli tafsir dan bahasa, sakinah itu hilangnya rasa takut untuk menghadapi sesuatu. 

Sakinah itu turun setelah kita mengalami guncangan, turun setelah kita menghadapi masalah. Jadi sakinah keberanian menatap keadaan sesuatu. Sakinah akan hadir dalam sebuah ikatan pernikahan. Sakinah itu memang bukan tanpa masalah, sakinah itu ibarat bandul, yg sudah mengalami guncangan. Sakinah itu titik tenang setelah melewati guncangan. Tips untuk menghadapi guncangan, apa yang harus kita lakukan terhadap pasangan: 

·  Saling ridho 

·  Membangun kepercayaan terhadap pasangan melalui saling terbuka & tidak ada 

jarak/menghindari adanya jarak 

·  Membangun rasa cinta terhadap pasangan yaitu dengan cara mengingat kebaikan di masa lalu. 

·  Bungkuslah segala sesuatunya dengan bersabar 

 

Bagikan