Pengajian DWP KBUMN dan IIP BUMN

Bidang Sosial Budaya IIP BUMN dan DWP Kementrian BUMN kembali menggelar pengajian rutin pada hari Selasa, 3 November 2020 melalui media zoom meeting. Acara ini dihadiri oleh Penasehat DWP KBUMN sekaligus Wakil Ketua IIP BUMN ibu Ida BGS, dan ibu Irin Kartika serta ibu Yuni Marsono selaku Ketua Harian IIP BUMN. Acara dihadiri oleh 240 peserta ibu ibu dari Ikatan Istri Karyawan BUMN berbagai wilayah di Indonesia.

Ustadz Ali Nurdin mengulas tentang akhlak sebagai mahkota bagi kehidupan beragama karena ukuran iman adalah Akhlah. Kita wajib menjadikan Rasulullah Muhammad SAW sebagai teladan karena Rasul telah mengalami berbagai episode kehidupan yang menunjukkan sikap hidup dan kesempurnaan akhlak. Dikatakan oleh Aisyah Radiallahuanhuma, akhlak Rasulullah adalah Al-Quran.

QS:3:134 mengungkapkan ciri-ciri orang yang bertakwa, berkaitan dengan akhlak yaitu: “Orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan…”

Betapa utamanya akhlak, bahkan adakalanya ketika berhalangan melakukan ibadah – ibadah wajib tertentu, kita akan mendapatkan rukhsah (keringanan) dengan menebusnya melalui amalan sosial. Misalnya bagi yang uzur dan tidak dapat berpuasa, bisa menggantinya dengan membayarkan fidyah.

Pada pengajian kali ini dibuka sesi tanya jawab dan dengan antusias ibu-ibu bertanya tentang berbagai hal seputar akhlak, diantaranya: bagaimana agar tidak mendendam kepada orang lain, bagaimana cara menghindari ghibah, bagaimana cara mendapatkan shafa’at Rasulllah di hari akhir. Acara ditutup dengan doa bersama.

Bagikan