Pengajian Bulanan DWP KBUMN dan IIP BUMN

Pengajian DWP Kementerian BUMN dan IIP BUMN

▪︎Hari/Tanggal : Selasa, 1 Desember 2020
▪︎Tema : Dosa Yang Terlupakan
▪︎Pemateri : Ustad Agus Idwar
▪︎Media Online : Aplikasi Zoom

Manusia memiliki beberapa unsur didalam kehidupannya, beberapa diantaranya adalah kemampuan berfikir, keinginan dan Hati atau Qolbu dan masing2 komponen diatas mempengaruhi dan berperan dalam kehidupan kita.
Diantara komponen diatas yang paling menentukan baik atau buruknya seorang manusia adalah Qolbu nya.
Dan memaksimalkan Qolbu seorang manusia adalah salah satu cara mendeteksi dosa.

Definisi Dosa sendiri terbagi atas banyak arti antara lain seperti Hadist yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari yaitu "Tidaklah Mukmin orang yang kenyang sementara tetangganya lapar sampai ke lambungnya". Dimana kita bisa menyadari bahwa dosa bukan saja mengenai perbuatan yang dilarang Oleh Allah SWT namun dosa yang terkait dengan orang lainnya itu yang terkadang terlupakan.
Seperti contoh lainnya ucapan dari mulut kita yang menyakiti perasaan orang lain.

Dan tidak ada satupun tempat dimuka bumi ini yang luput dari yang namanya Dosa bahkan sampai dengan Masjidil Haram sekalipun.
Dan dosa sudah menjadi keseharian di kehidupan diri kita.

Adapun cara mendeteksi dosa dapat dilakukan sebagai berikut :

1. Bertanyalah pada hati nurani diri kita, karena hati nurani tidak akan pernah berbohong

2. Berkacalah pada orang lain, sebab jika kita memposisikan diri kita sebagai orang lain, kita akan selalu menjaga perasaan seseorang saat bicara maupun bersikap

3. Dosa yang dilakukan sembunyi, jika kita pernah melakukan perbuatan secara sembunyi2 maka akan ada kegelisahan hati dan sebaiknya segera kita hentikan perbuatan tersebut

4. Merujuk pada aturan, seperti mencari jawaban melalui Al-Qur'an maupun hadist

5. Menyadari dimana posisi saya, apakah kita sadar akam perbuatan dosa kita atau kita menjadi orang yanv kufur yaitu orang yang berdosa namun tidak merasa berdosa atau membenarkan perilaku salah kita.

Berinstropeksi diri dan memohon ampun kepada Allah SWT adalah yang dapat kita lakukan untuk menebus segala dosa-dosa kita, berserah diri dan dihadapan Allah SWT kita bukanlah apa2 serta menghilangkan kecintaan kita pada dunia dan fokus akan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Bagikan