IIP BUMN SUMSEL Peduli Negeri: "Pencegahan Stunting Untuk Tumbuh Kembang Anak Indonesia

Anak Indonesia adalah generasi penerus bangsa yang  selama pertumbuhannya harus tumbuh berkembang secara normal agar nantinya menjadi generasi emas yang mempunyai kemampuan yang unggul dalam segala bidang kehidupan bernegara serta mampu  bersaing dengan generasi dari bangsa lain. Untuk itu IIP BUMN Sumsel melaksanakan kegiatan "Penyuluhan Pencegahan Stunting Untuk Tumbuh Kembang Anak Indonesia" pada tanggal 26 September 2019 di Gedung Kesenian PT Pusri Palembang yang dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris IIP BUMN PUSAT, Ketua dan Pengurus serta Anggota IIP BUMN Sumsel dengan Narasumber Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Dr. Hj. Letizia, Mkes. Adapun masyarakat yang menjadi sasàran utama acara ini adalah100 orang  warga Pulau Kemarau berjumlah Keluruhan Sei Selayur yang terdiri dari  Ibu hamil, Ibu dengan anak balita peserta Posyandu Sehati binaan Yayasan Amal zakat PT Pusri Palembang (Yazri) dan MT Al Aqobah Pusri. Kegiatan ini seyogyanya dilaksanakan di Pulau Kemarau akan tetapi karena keadaan cuaca kota Palembang dalam status Bahaya Asap maka dipindahkan ke Gedung Kesenian PT Pusri Palembang.

Ketua IIP BUMN Wilayah Sumsel, Ibu Ratna Mulyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa posyandu Sehati ini telah dibina oleh Yazri dan MT Al Aqobah sejak 15 tahun lalu bekerjasama dengan Puskesmas Sabokingking. Kegiatan ini adalah Program Kerja IIP BUMN Sumsel yang merupakan  program Nasional OASE dan IIP BUMN Pusat sebagai wujud kepedulian IIP BUMN Sumsel kepada Masyarakat di lingkungan sekitar untuk mendukung slogan BUMN Hadir Untuk Negeri. Acara ini dirangkaikan dengan kegiatan   Posyandu Sehati melakukan pemeriksaan kesehatan ibu hamil,  ibu menyusui, pemantauan dan pemeriksaan tumbuh kembang dan pemberian makanan tambahan bagi  50 anak balita warga Pulau Kemarau. Kegiatan rutin posyandu Sehati ini merupakaj wujud kepedulian PT Pusri Palembang selama 15 tahun lebih terhadap kesehatan warga ring 1 PT Pusri Palembang. Acara ini juga dihadiri oleh manajemen PTBA Dermaga Kertapati, Manajemen PT Pusri dan Manajemen BNI Sumsel serta Ketua Yazri, Ketua MT Al Aqobah.

Ibu Eri Imam, Ketua IIP BUMN Pusat dalam sambutannya merasa bangga dengan IIP BUMN Sumsel karena seluruh program IIP BUMN Pusat telah dilaksanakan. Selanjutnya Ibu Eri menyampaikan bahwa Stunting merupakan masalah Nasional yang berdampak buruk terhadap tumbuh kembang anak Indonesia sebagai generasi penerus bangsa pengisi pembangunan. Penyuluhan pencegahan Stunting sangat penting dilakukan karena Stunting adalah keadaan anak tumbuh tidak normal seperti anak lainnya  dalam rentang usia yang  sama. Perawakan anak stunting dengan mudah dicirikan bahwa anak tumbuh oendek dibandi hkan anak lain dg usia yang sama. Dahulu hal ini dianggap lumrah karena keturunan. Tetapi sekarang sudah diketahui bahwa Stunting pada anak terjadi akibat anak kurang gizi kronis pada waktu sejak didalam kandungan ibunya hingga anak berusia balita. Untuk itu IIP BUMN Pusat bangga dengan IIP BUMN Sumsel yang melaksanakan penyuluhan pencegahan Stunting untuk tumbuh kembang anak Indonesia. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Ibu Dr. HJ Letizia, Mkes, menyampaikan ucapan terima kasih kepada IIP BUMN Sumsel yang telah membantu Dinkes kota Palembang ikut serta berperan aktif dalam program Dinas Kesehatan mencegah Stunting pada anak- anak di Palembang. Untuk mencegah stu ting sejak disampaikan bahwa ibu hamil wajib memeriksakan mesehatannya selama kehamilan minimal 4 kali dipuskesmas atau posyandu serta ibu hamil makan makanan bergizi yang jenisnya tentu telah disampaikan  oleh petugas posyandu dalam setial pemeriksaan. Anak Balita juga jangan lupa diberi imunisasi dan orang tua jangan takut anaknya diimunisasi karena efek panas pada anak sete,ah imunisasi adalah normal, serta jangan lupa jika ada pemberian tablet vitamin, makanan tambahan  selama pelaksanaan posyandu harap dimakan oleh anak.



Bagikan