IIP BUMN Jawa Timur: Pelatihan Keterampilan Membuat Aksesoris Kalung Etnik

IIP BUMN Jawa Timur: Pelatihan Keterampilan Membuat Aksesoris Kalung Etnik

Dalam rangka  pelaksanaan program kerja Bidang Pendidikan, IIP BUMN Wilayah Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Keterampilan dengan tema: “Hasil Kreativitas Dari Kita, Untuk Kita”, melalui pembuatan aksesoris kalung etnik. Kegiatan berlangsung pada tanggal 17 September 2019 bertempat di Ruang Rapat Utama Kantor PT Perkebunan Nusantara XI, Surabaya.

Pelatihan dibuka oleh Wakil Ketua IIP BUMN Wilayah Jawa Timur yang membawahi Bidang Pendidikan: Ibu Endang Gede Meivera, dan diikuti oleh 35 orang peserta yang terdiri dari pengurus dan anggota IIP BUMN Wilayah Jawa Timur, diantaranya dari BUMN: PTPN XI, PGN, Petrokimia Gresik, Bulog, Pelni, PTPN X, DPS, SIER, Pegadaian, Garuda Indonesia, PTPN XII, BNI, PT PAL dan Barata Indonesia. 

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan program kerja yang telah disusun, yang bertujuan untuk menambah keterampilan anggota IIP BUMN Wilayah Jawa Timur khususnya, dalam membuat kreasi inovatif dengan memanfaatkan kain batik dan menghasilkan aksesoris  berupa  kalung yang tidak terlalu sulit dalam pembuatannya, serta dapat dimanfaatkan untuk pemakaian pribadi maupun dikembangkan sebagai salah satu alternatif usaha kerajinan yang bernilai ekonomi.

Sesuai dengan tema yang diusung, diharapkan melalui kegiatan pelatihan keterampilan ini, dapat menginspirasi dan memicu semangat para anggota IIP BUMN Wilayah Jawa Timur untuk mengembangkan diri, memperkaya keterampilan, dan dapat menyebarluaskan ilmu yang diperoleh kepada para anggota di BUMN masing-masing.

Lebih lanjut, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan upaya mewujudkan Indonesia Bersih yang dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar, dalam acara ini juga tetap dilakukan sosialisasi bahaya sampah plastik terhadap lingkungan. Sepanjang pelaksanaan acara, peserta menggunakan botol minuman/tumbler yang dibawa masing-masing dan memanfaatkan dispenser yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara, guna menghindari penggunaan botol minum plastik sekali pakai. Di akhir acara, seluruh peserta memanfaatkan tas kain yang telah disediakan sebagai wadah alat dan bahan serta hasil karya yang telah dibuat. 


Bagikan