IIP BUMN Jawa Timur: Bakti Sosial IIP BUMN Jawa Timur Peduli Pencegahan Stunting dan TBC

Sebagai upaya mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dari Pemerintah dan IIP BUMN Pusat, terutama upaya dalam penurunan angka stunting dan penyakit Tuberkulosis (TBC), IIP BUMN Wilayah Jawa Timur melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat, melalui Penyuluhan Pencegahan Stunting dan Penyakit TBC di Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan - Jawa Timur (2/5).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, Camat Glagah, Kepala Puskesmas Kecamatan Glagah, aparatur pemerintahan desa dan kecamatan, Pengurus IIP BUMN Wilayah Jawa Timur, dan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Glagah, Lamongan. Adapun materi penyuluhan disampaikan oleh Tim Medis dari Rumah Sakit Petrokimia Gresik.

Kabupaten Lamongan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur dengan angka stunting lebih dari 20% pada tahun 2017. Pada tahun 2018 lalu, Kabupaten Lamongan telah berhasil menurunkan angka stunting menjadi 14%, dan pada tahun 2019 sampai 2020, Pemerintah Kabupaten Lamongan menetapkan target angka stunting sampai tuntas nol. Program yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan antara lain pemanfaatan dana desa untuk pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan makanan berbasis ikan, mengingat Kabupaten Lamongan adalah penghasil ikan terbesar kedua di Jawa Timur. di samping itu, juga diterapkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Dalam hal ini, melalui penyuluhan kesehatan terkait stunting dan TBC yang dilakukan dalam kegiatan Bakti Sosial IIP BUMN Wilayah Jawa Timur kali ini, diharapkan ikut mendukung upaya dan program Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam menerapkan STBM di masyarakat Kabupaten Lamongan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terutama para Ibu di Kecamatan Glagah khususnya, terhadap pentingnya pola asuh yang baik pada masa krusial tumbuh kembang anak dan balita, serta pemahaman pencegahan dan upaya pengobatan penyakit TBC. Dalam kesempatan ini, IIP BUMN Wilayah Jawa Timur memberikan paket sembako kepada masyarakat Kecamatan Glagah, dan layanan kesehatan oleh Tim Medis RS Petrokimia Gresik berupa pengecekan tekanan darah dan kadar gula darah secara gratis kepada masyarakat yang hadir. 


Bagikan