Gerakan “Yuk Pilah Sampah” dan Lomba Video Tik Tok Dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)

Peringatan Hari Peduli Sampah  Nasional (HPSN) tanggal 21 Februari 2022, dilaksanakan oleh Gerakan Indonesia Bersih (GIB) DWP Kementrian BUMN – IIP BUMN dengan kegiatan gerakan “Yuk Pilah Sampah” yang diikuti 20.508 Orang, termasuk OASE Kabinet Indonesia Maju, DWP Kementrian BUMN dan 65 IIK BUMN, seluruh Indonesia dengan sebaran di 34 Propinsi. IIK dengan relawan terbanyak adalah Perum Perhutani dengan 3.808 relawan. 

 

Dalam sambutan secara tertulis, Ibu Liza Erick Thohir sebagai Ketua Bidang 4 OASE Kabinet Indonesia Maju dan Penasehat Tim Gerakan Indonesia Bersih, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah aktif berkolaborasi dalam mendukung aksi Gerakan “Yuk Pilah Sampah”. Melalui keterlibatan dalam aksi ini, beliau berharap agar masyarakat khususnya karyawan dan istri di lingkungan BUMN semakin aktif secara berkesinambungan dalam mengelola sampah mulai dari rumah sendiri. Tentunya ini akan menjadi kegiatan yang berkelanjutan sehingga dapat memberikan manfaat bagi kelestarian bumi kita sekaligus ikut serta dalam membudayakan ekonomi sirkular.

 

Pelaksanaan gerakan Yuk Pilah Sampah yang dilaksanakan pada tanggal 14-16 Februari 2022, terkumpul 151 Ton sampah, yang dipilah dalam 5 kategori, yaitu sampah anorganiksebanyak 56 Ton sampah organik 53 Ton sampah kertas 29 Ton,  sampah elektronik 7 Ton dan sampah masker. Hasil pilah kemudian diserahkan ke fasilitas bank sampah, pengepul sampah, pendaur ulang sampah terdekat, yang dapat diakses dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pada jenis sampah masker tidak dilakukan penimbangan. Sedangkan sampah organik disarankan para relawan untuk melakukan pengomposan sendiri di rumah. 

 

Kegiatan ini juga disertai Lomba Video TikTok, sebagai upaya mengkampanyekan Gerakan Yuk Pilah Sampah. Seleksi untuk lomba TikTok ini didasarkan kreativitas, kesesuaian pesan dengan tema Gerakan Yuk Pilah Sampah dan orisinalitas. Dalam lomba ini video yang diterima panitia sejumlah 110 video dari 63 instansi. Penjurian lomba terdiri atas dua tahapan, tahapan pertama meliputi penjurian oleh Tim GIB 2022 untuk memilih 10 finalis. Tahapan berikutnya adalah penilaian oleh para Penasehat GIB 2022 untuk memilih 10 juara dengan detail, yaitu 6 juara (juara 1-3 dan juara harapan 1-3), serta 4 juara hiburan. Hasil dari Lomba Video TikTok sbb :

1.    Juara 1 – PT. Pelindo

2.    Juara 2 – PT. Telkom

3.    Juara 3 – PT. PLN

 

4.    Juara Harapan 1 - PT. Bank Tabungan Negara (BTN)

5.    Juara Harapan 2 – PT. PERKEBUNAN NUSANTAR VII

6.    Juara Harapan 3 – PT. Pupuk Indonesoa Holding Company

 

7.    Juara Hiburan :

·      PT. Semen Indonesia

·      PT. Semen Padang

·      PT. Indonesia Asahan Aluminium (Inalum)

·      PT. Bank Negara Indonesia (BNI)

 

 

 

 

Bagikan