Cerdas Mengelola Sampah dari Rumah Menuju Indonesia Bersih

Gerakan Indonesia Bersih, DWP dan IIP Kementrian BUMN kembali mengadakan acara edukasi virtual pada hari Senin, 26 Oktober 2020. Dengan mengusung tema " Cerdas Mengelola Sampah dari Rumah Menunju Indonesia Bersih " acara diikuti oleh 1000 peserta melalu zoom meeting dan 1050 peserta mengikuti secara live di you tube.

Edukasi virtual dimulai dengan sambutan Penasehat DWP KBUMN sekaligus Ketua Umum IIP BUMN Ibu Liza Erick Thohir . Dilanjutkan dengan Keynote Speaker ibu Devi Luhut B. Pandjaitan selaku ketua bidang IV OASE Kabinet Indonesia Maju.

Narasumber acara hari ini adalah :
1. Dr. Ir. Novrizal Tahar, IPM, Direktur Pengelolaan Sampah , Ditjen PSLB3 , KLHK
2. Ibu Agustina Iskandar, Leader World Cleanup Day Indonesia
3. Iqbal Alexander, founder of Kertabumi Recycling Center
4. Hamish Daud, Presenter, aktor, Founder Indonesia Ocean Pride

Narasumber pertama Bapak Novrizal menjelaskan banyak upaya pengelolaan sampah harus dari hulu sampai hilir. Kita seyogyanya melakukan perubahan perilaku dengan melakukan pengurangan, pencegahan atau pembatasan sampah.

Ibu Agustina Iskandar live dari Maroko, menyampaikan laporan hasil keikutsertaan DWP KBUMN dan IIP BUMN di event WCD . Dengan jumlah relawan 21.356 orang dari total 5.716.725 relawan seluruh Indonesia, DWP KBUMN dan IIP BUMN sampah hasil pilah sebanyak 189 ton sampah dan plastik menjadi jumlah sampah tertinggi, yaitu 71,09914 ton (44%).

Kolaborasi adalah kata kunci dalam pengelolaan sampah yang disampaikan narasumber Iqbal Alexander . Jadi sampah menjadi tanggung jawab bersama termasuk enterpreneur. Jika sampai di bank sampah, para sosial enterpreneur kemudian akan mengolah sampah yang telah dipilah tadi untuk menjadi bahan baku produk yang bisa berguna kembali . Sampah residulah yg kemudian berakhir di TPA, namun sampah lainnya bs diolah kembali.

Hamish Daud mengingatkan akan potensi lautan kita yg terkaya di dunia. Edukasi akan memampukan dan menyambungkan masyarakat Indonesia untuk kembali menguatkan laut serta bangga pada laut Indonesia. Jika kita bangga, maka kita akan menjaga lautan kita.

Sebagai penutup di isi dengan tanya jawab yang disambut antusias oleh peserta acara ini.

Bagikan