Pengajian Bulanan DWP KBUMN - IIP BUMN, Bulan November 2023

Alhamdulillah pada 7 November 2023 telah dilaksanakan pengajian DWP KBUMN dan IIP BUMN yang dihadiri 325 peserta.

MASUK SURGA SEKELUARGA

    Kebahagian bukan dilihat dari sekedar materi, sejatinya kebahagiaan itu didatangkan oleh Allah SWT. Keimananlah yang menjadikan seseorang itu bahagia. Jadi apabila kita menginginkan kebahagiaan jangan pernah absen dalam majelis ilmu seperti ini.

    Allah SWT akan menghubungkan kita dengan orang yang dikasihi di dunia dan akan dikumpulkan kembali di Surga. Ketika kita masuk surga kita akan dipertemukan kembali bersama keluarga2 kita yang sebelum2nya kita tidak pernah temui di Dunia. Maka dari itu sudah seharusnya kita tanamkan kepada diri kita untuk memperbanyak amalan di dunia ini. Berdasarkan surat Ar-Ra’du, nama surga tersebut adalah Surga Adnan, surge inilah yang akan kita huni apabila kita membangun keluarga yang baik. Kemudian ada Surga Firdaus, surga tertinggi dimana hanya diisi oleh 4 golongan berikut yaitu para Nabi, As-sidiq (orang2 yang jujur), orang2 yang Syuhada dan Orang2 pemimpin yang baik.

    Mengapa kita mengingkan Surga Sekeluarga? Karena status keluarga di dunia ini hanyalah sementara. Belajar dari kisah nabi Nuh AS, bahwa Bahtera Kapal berlayar membawa mereka dalam gelombang laksana gunung. Dan Nuh memanggil anaknya, sedang anak itu berada di tempat yang jauh terpencil, maka nabi Nuh memanggil anaknya, janganlah kamu bersama orang2 yang kafir. Tetapi dikarenakan anaknya Nabi Nuh ini adalah anak yang tidak taat maka Kapal nya pun tenggelam, tergulung oleh ombak air. Allah berfirman bahwa :“Hai Nuh, sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu (yang dijanjikan akan diselamatkan)”. Untuk itu sudah seharusnya kita memikirkan keluarga (suami, istri & anak2) untuk berjuang bersama agar sehidup sesurga, bukan hanya sehidup semati.

    Ternyata kita bukan hanya diminta “Bukan Sekedar Masuk Surga”, berdasarkan (surat At-Tahrim ayat 6) yang artinya Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka. Neraka sejatinya tidak bisa dianggap remeh, tergambarkan dalam cerita sebagai berikut: terdapat. Amalan yang paling baik adalah menyenangkan hati seorang muslim. Maka jangan remehkan kebaikan-kebaikan yang kita lakukan. Karena hanya dengan menyapa orang, kita sudah mendapatkan amalan sholeh. Orientasi keluarga Surgawi, berdasarkan surat Al-Qoshosh ayat 77 yang artinya yaitu “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari dunia”.

Perbanyak Istighfar;
Segala sesuatu yang kita kerjakan di dunia ini akan dihisab di akhirat, walaupun sekecil buih di lautan. Untuk itu perbanyaklah Istighfar dan memohon ampunan Allah SWT. Perbanyak Amal Sholeh Sesungguhnya kebaikan-kebaikan itu menghapus keburukan-keburukan (QS. Huud, ayat 114).

Terdapat 3 hal yang bisa kita lakukan agar terhindar dari Api Neraka yaitu:
1. Belajar Ilmu dan Adab Halal Haram;
2. Belajar Ilmu dan Adab ini harus seimbang dalam keluarga, contohnya Istri dan suami harus saling tau Adab masing2, mengetahuin kewajiban dan hak sebagai seorang Suami dan Istri. Begitupun kewajiban dan hak sebagai Ayah & Ibu bagi anak-anak begitupun sebaliknya.
3. Tanggung jawab seorang Ayah sangat berat bukan hanya dalam mencari nafkah tetapi menjaga semua keluarga untuk terhindar dari Api Neraka. Untuk itu perbanyaklah kita belajar ilmu agama, hadiri majelis2 ilmu, baik offline maupun online. Supaya seimbang urusan agama bagi jiwa dan raga kita.

    Neraka sejatinya tidak bisa dianggap remeh, tergambarkan dalam cerita sebagai berikut: terdapat orang yg paling bahagia di dunia yang Allah celupkan 1 detik orang tersebut di Neraka. Maka orang tersebut mengatakan Wahai Rabbku, aku tidak pernah mengingat betapa bahagianya aku di Dunia, Kemudian orang yang paling sengsara di dunia, kemudian Allah bawa orang tersebut ke Surga dalam 1 detik saja, maka orang tersebut mengatakan Wahai Rabbku, aku tidak pernah merasakan kesengsaraanku di Dunia.

Bagikan